Pelatihan PEKERTI-AA

posted in: Berita | 0

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Handayani akan melaksanakan pelatihan  (PEKERTI) untuk dosen muda dan program Applied Approach (AA) untuk dosen senior merupakan dua buah program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis. Kegiatan ini akan menerimah peserta dari berbagai Perguruan Tinggi, Dilaksanakan secara online yang sertifikat diterbitkan oleh UPSDM LLDIKTI WIL. IX, selain itu kehadiran sebagai narasumber dari TIM UPSDM LLDIKTI WIL. IX .pendaftaran melalui http://pekerti-aa.handayani.ac.id

PEKERTI-AA menjadi penting dalam pengembangan profesionalisme dosen karena kurikulum yang ditetapkan oleh DIKTI sejalan dengan amanat UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Disebutkan bahwa, beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian. Di samping itu melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat. Program PEKERTI-AA merupakan program pelatihan yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi pedagogik bagi para dosen.

Dalam rangka menghadapi tantangan revolusi industri 4.0,  pendidikan merupakan modal dasar yang sangat diperlukan sehingga peran dosen dalam mewujudkan sumber daya  manusia  sangat  diperlukan.  Dosen secara  langsung  mempengaruhi  peningkatan  kualitas  belajar mahasiswa. Seorang dosen wajib memiliki tiga kemampuan dasar  yakni  kemampuan dalam merancang proses pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran secara efektif. Seluruh kemampuan tersebut perlu ditingkatkan melalui pelatihan AA-Pekerti.

Manfaat :

Dosen yang mengikuti pelatihan ini akan memperoleh pengetahuan dasar teknik instruksional serta memiliki kemampuan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajaran.

Materi :

  1. Peningkatan Pendidikan melalui pekerti
  2. Pendidikan sebagai sistem
  3. Teori belajar dan motivasi untuk pembelajaran mahasiswa
  4. Pengembangan diri dosen
  5. Model-model pembelajaran
  6. Penentuan capaian pembelajaran
  7. Analisis kompetensi mata kuliah
  8. Penyusunan  RPS
  9. Metode pembelajaran
  10. Metode pemberian tugas
  11. Prinsip dasar evaluasi
  12. Menyusun kisi soal
  13. Konstruksi butir soal
  14. Dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar
  15. Implementasi softskill dalam pembelajaran

Informasi dapat dilihat pada pamplet … Terima kasih

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.